tastelate.blogspot.com

Desember 02, 2011

Wikipedia Membutuh Uluran Tangan Anda


Anda tahu situs wikipedia ?
Wikipedia adalah situ ensiklopedia gratis yang paling terkenal didunia .
Sejak 2010 sampai sekarang, Wikipedia masih mengajak kita untuk turut berpartisipasi dalam mendukung kelangsungan situs ini. Dimulai dari Jimmy Wales, pembuat Wikipedia paling awal, sampai kepada programmer resminya, Brandon Harris. Hal ini sepertinya jadi tanda nyata atas berita yang sudah lama beredar bahwa Wikipedia sedang bangkrut. Karena sampai sekarang donasi masih diminta.
Sampai sekarang ini di Wikipedia dalam server Indonesia mengajak kita mendukung mulai daripada 45.000 sampai 2.500.000 rupiah atau besaran jumlah sesuai kerelaan kita. Donasi bisa diberikan melalui debit card, credit card, atau melalui Bank.
Sepertinya sudah mulai serius. Saya pun yang tadinya tidak begitu menanggapi akhirnya tergerak juga dan bermaksud meminta ijin dahulu orangtua saya. Hal yang menyentuh saya adalah kata-kata daripada Jimmy Wales yaitu:" Wikipedia is something special. It is like a library or a public park. It is like a temple for the mind. It is a place we can all go to think, to learn, to share our knowledge with others.
When I founded Wikipedia, I could have made it into a for-profit company with advertising banners, but I decided to do something different. We’ve worked hard over the years to keep it lean and tight. We fulfill our mission, and leave waste to others."

Juga kesaksian dan ajakan sendiri dari programmernya yang cukup menyentuh, Brandon Harris:"We’re not just building an encyclopedia, we’re working to make people free. When we have access to free knowledge, we are better people. We understand the world is bigger than us, and we become infected with tolerance and understanding. I work at the Wikimedia Foundation because everything in my soul tells me it’s the right thing to do. I’ve worked at huge tech companies, doing some job to build some crappy thing that’s designed to steal money from some kid who doesn’t know it. I would come home from work crushed.
You might not know this, but the Wikimedia Foundation operates with a very small staff. Most other top-ten sites have tens of thousands of people and massive budgets. But they produce a fraction of what we pull off with sticks and wire.
When you give to Wikipedia, you’re supporting free knowledge around the world. You’re not only leaving a legacy for your children and for their children, you’re elevating people around the world who have access to this treasure. You’re assuring that one day everyone else will too."

Yang intinya :
Wikipedia didirikan dengan maksud mulia yaitu membuka jendela pengetahuan bagi semua orang secara gratis. Ada orang yang tidak mampu membeli buku mahal, ensiklopedi tebal, literatur-literatur sulit, bisa menggunakan Wikipedia. Kita ingin menjadi terkenal dan memperkenalkan diri, atau mengenal orang-orang besar dengan membaca biografinya yang inspiratif bisa melalui Wikipedia. Wikipedia didirikan bukan sekedar untuk profit pribadi pemiliknya atau bawahannya, tetapi juga demi kebaikan bersama.
Situs-situs besar lain banyak menggunakan staff-staff karena mereka memiliki tujuan utama yaitu mencari keuntungan. Sedangkan Wikipedia staffnya jauh lebih sedikit, kurang dari 100 orang, karena tujuannya memang lebih kepada sosial daripada profit. Bandingkan dengan Yahoo dengan 13.000 staffnya. Yang mengagumkan adalah dengan staff yang terbatas dan dana terbatas Wikipedia dinikmati lebih dari 450 juta orang sebulannya dan menjadi 5 besar situs didunia yang paling banyak dikunjungi. Saya pikir tidak ada testimoni yang lebih baik pernah diberikan seseorang pekerja daripada yang diberikan oleh Brandon Harris. Ia pernah bekerja dibidang teknologi juga namun ia berani tinggalkan dan mulai dari nol bersama Wikipedia yang tujuannya ‘tidak jelas’ karena dijaman sekarang tidak ada tujuan yang ‘lebih jelas’ daripada uang. Saya salut masih ada orang yang masih berhati besar seperti itu. Anda tentu pasti akan menemukan kejujuran daripada testimoni atau tulisan Jimmy dan Harris.

Saya merasa sangat terbantu dengan adanya Wikipedia dan saya rasa anda juga sama .
Untuk itu mari kita bantu dengan apa saja yang bisa kita lakukan untuk Wikipedia .
tastelate.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.html

Share

[Get This]