tastelate.blogspot.com

Januari 11, 2013

Membuat Partisi Harddisk

               Partisi harddisk bias dikatakan pembagian ruang harddisk. Ini biasanya digunakan untuk menginstall OS lain tapi tetap membiarkan OS yang ada. 

 Berikut tahapan mempartisi harddisk pada windows 7 dan windows 8 yang memang sudah built in toolsnya. Untuk yang lain bisa menggunakan software partisi seperti EASUS partition tool dan banyak tool lain yg sejenis.
 1.  Persiapkan partisi harddisk, karena di PC anda partisi sudah ada, maka kita harus mengatur ulang. Silahkan masuk ke Disk Management, Start Menu > Computer (Klik Kanan) > Manage > Storage > Disk Management.
2.  Shrink volume



Jika anda sudah masuk ke Disk Management sekarang anda akan melihat detail space harddisk anda, kemudian pilih disk mana yang akan anda bagi. misal C. Lalu anda sorot disk C dan klik kanan, maka akan muncul window option menu kemudian pilih Shrink Volume. Ini bertujuan untuk mengalokasikan sebagian memory yang dipilih ke partisi baru.

3. Beri Kapasitas Pada Disk Baru
Setelah kita pilih Shrink maka akan muncul volume yang dimungkinkan kita ambil untuk partisi baru.
Pilih berapa volumenya lalu klik Shrink. Pastikan bahwa jika anda akan menginstal OS baru partisi yang dibuat melebihi kapasitas minimal OS yang akan diinstal.



Setelah proses shrink volume selesai, kapasitas partisi (misal C:) akan menyusut sesuai yang anda masukkan tadi, dan akan muncul kotak baru yang berwarna hitam dan berlabel unallocated dan kemudian klik Format Partition.


4. Beri Nama Pada hasil Partisi yang baru.
 Berikan nama pada partisi baru tersebut, hal ini digunakan untuk memudahkan saat memilih letak penginstallan OS. Misal kita beri nama "Windows 8"akan di install. Dimana ini akan digunakan untuk instal Windows 8.
ini juga sebagai tahapan  Install os lebih dari satu.
Nah, begitu mudah kan. Sekian tentang partisi Harddisk dan salam TASTELATE.


tastelate.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

.html

Share

[Get This]